Senin, 30 November 2015

 Baik sekarang saya akan berbagi tentang Cara Membuat File JAVA Menjadi EXE sehingga tidak memerlukan lagi tool editor seperti Netbeans untuk menjalankan program kita. Pertama yang di butuhkan adalah program yang sudah jadi dan pastikan GUI, untuk programya anda bisa lihatDISINI. Kemudian yang kita lakukan adalah membuat file .JAVA menjadi .JAR terlabih dahulu caranya yaitu kita tinggal KLIK Build and Clean pada Netbeans seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya yang kita perlukan adalah Software J2EWizard untuk membuat file .JAR menjadi .EXE untuk softwarenya bisa di download DISINI. Langsung saja ke tutorial Cara Membuat File JAVA Menjadi EXE.


     Pada bagian bawah itu adalah letak file JAR yang telah kita buat. Selanjutnya install terlebih dahulu software J2EWizard kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka software yang telah diinstall, jika muncul activation software Klik Next saja. 


2. Kemudian Browse file JAR yang telah kita build tadi


3. Selanjutnya kita pilih Windows GUI Application Klik Next.


4. Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah, jika kita browse file .jar nya sudah benar maka pada       bagian Input Main Classnya akan otomatis terisi seperti gambar. Jika ingin menambahkan gambar pada         saat Loading program kita bisa kita Browse pada bagian Select a Picture to Enable Splash Window. 


5. Untuk Step ini Klik Next saja 


6. Step yang ini juga Next saja


7. Untuk step ini kita menentukan nama file EXE dan akan di letakan dimana, di bawah juga ada pilihan             apakah program kita akan di buat 64 bit, jika  iya checklist Create 64 Bits Executive. Atau pas akan di         buka program kita menggunakan Run As Administrator. Jika ingin standard ya Klik Next saja.


8. Jika prosesnya sudah selesai Klik Finish


9. Dan hasilnya sebagai berikut ini.


10. Yap dan selesai program yang telah kita buat menggunakan Netbeans telah menjadi EXE, berikut                 tampilan program yang telah saya buat.


Ya sekian tutorial Cara Membuat File JAVA Menjadi EXE dari saya semoga bermanfaat....

Sumber: Klik disini

1 komentar: